Analisis Wacana Perspektif Foucault
Kusniati Andriani Nim A1B110215
Lina Marlina Banjir Job
Setelah 'Nikah'
Dengan Kiwil
Lina Marlina Banjir Job Setelah 'Nikah' Dengan Kiwil
KAPANLAGI.COM
- Setelah pemberitaan pernikahannya dengan komedian Wildan Delta atau Kiwil beredar
luas di masyarakat, Lina Marlina sering kebanjiran tawaran job. Hal itu
diungkapkan oleh pelantun tembang-tembang dangdut itu usai mengisi acara
Dahsyat di RCTI.
"Alhamdulillah,
kita bersyukur aja dengan ada masalah ini," ujar Lina Marlina di Studio
RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (8/4). "Alhamdulillah
banyak," timpal Asya, sepupu Lina yang berdiri di sampingnya.
Banyak yang
menduga pemberitaan pernikahan Lina dengan Kiwil memang
sengaja direkayasa untuk mengangkat popularitas Lina. Menanggapi hal itu, dia
tidak mau ambil pusing.
Bahkan, Lina
merasa bersyukur dengan adanya pemberitaan pernikahannya dengan Kiwil, meski
hanya rekayasa, "Ya sekarang gini saja, alhamdulillah dia (Kiwil) merasa
(tidak benar), ibaratnya alhamdulillah ya ada (pemberitaan nikah). Kita juga
terima kasih sama wartawan dan yang dirugikannya ini, dia (Kiwil) jadi
nggak konsen," kata Asya.
"Di
sini aku bersyukur dengan hal ini (pemberitaan pernikahan Lina dan
Kiwil)," pungkas Lina. (kpl/hen/rea/dar)
Berdasarkan informasi
diatas dapat dianalisis wacana produksi, wacana terpinggirkan, batasan.
Wacana Terpinggirkan
Pemberitaan yang
disorot media pernikahan sirih antra lina dengan kiwil tidak melihat dari segi
keluarga kedua belah pihak terutama pihak keluarga kiwil anak dan istrinya. Pemberitaan
tersebut tidak pasti kebenarannya apalagi lina merasa senang saja dengan
pemberitaan tersebut untuk mengangkat popularitas karirnya, sedangkan disisi
lain anggapan masyarakat terhadap kiwil yang suka nikah sirih. Padahal belum
tentu kebenaranya kiwil menikah lagi. kiwil melakukan pernikahan karena
beralasan apa masih tidak tahu apa alasanya dari kiwil.
Dominan
Pemberitaan tersebut
lebih menyorot tentang pernikahan kiwil dengan lina. Pemberitaan tersebut mengenai
pernikahan kiwil karena sudah yang ketiga kalinya sehingga menarik bagi media
untuk dipublikasikan sebagaimana kiwil seorang artis.
Batasan
Pandangan masyarakat
terhadap kiwil yang suka nikah sirih karena pemberitaan mengenai pernikahannya
dengan lina yang sudah ketiga. Apa lagi pemberitaan mengenai kiwil sebelummya
juga mengenai rumah tangganya yang memiliki istri dua.
-------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------
INFERENSI DARI IKLAN CONDITIONER PANTENE
-------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------
INFERENSI DARI IKLAN CONDITIONER PANTENE
IKLAN
CONDITIONER PANTENE
“Aku
thu udah coba macam-macam shampoo, tapi waktu sore-sore kasar-kasar kusut gitu
dan gampang rontok. Hmmm kayanya ngga cukup shampoo aja. Jadi aku coba pantene
conditioner”.
Pantene
dengan provitamin formula bantu putuskan siklus rambut kering dan kasar dalam
empat hari.
“setelah
pakai conditioner rambut aku terasa halus banget dan ngga gampang rontok, ini
rahasia aku”.
Pantene
conditioner
Inferensi
Inferensi atau penarikan simpulan dikatakan oleh
Gumperz (1982) sebagai proses interpretasi yang ditentukan oleh situai dan
konteks percakapan. Dengan inferensi pendengar menduga kemauan penutur dan
dengan itu pula, pendengar meresponya.
Pada tuturan diatas inferennya pada kalimat “Jadi
aku coba pantene conditioner”. Pada tuturan kedua inferennya pada kalimat “setelah
pakai conditioner rambut aku terasa halus banget dan ngga gampang rontok, ini
rahasia aku”. Tuturan dari iklan menyimpulkan setelah pakai conditioner pantene
rambutnya jadi halus dan tidak gampang rontok.
----------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------
Analisis Kohesi dan Koherensi Wacana pada Berita
----------------------------------------------------------------------------
Analisis Kohesi dan Koherensi Wacana pada Berita
Hary Tanoe: Saya punya MNC,
RCTI, Global TV, jalan tol & tambang
Hary Tanoe: Saya punya MNC, RCTI,
Global TV, jalan tol & tambang
MERDEKA.COM. Ketua Dewan Pertimbangan Partai
Hanura, Harry Tanoesoedibjo mengaku akan bekerja keras untuk
memenangkan partai Hati Nurani Rakyat
(Hanura) di Pemilu 2014 mendatang.
Di depan para ketua dewan pimpinan cabang (DPC) partai Hanura Sulawesi Selatan, pemilik MNC Grup ini mengaku akan mengerahkan modal yang dia miliki.
"Saya punya media, MNC, RCTI, Global TV, jalan tol dan tambang batu bara. Untuk bekerja lebih masif, akan melibatkan instrumen yang ada pada saya baik itu perusahaan maupun kekuatan dari diri saya sendiri," kata Hary di Makassar, Selasa (19/3).
Menurut dia, militansinya saat ini tak berbeda dengan dengan saat dia di Partai Nasdem. Bahkan dia mengakui di Hanura ia lebih militan dibanding dulu. Semua itu ia lakukan untuk memenangkan partai Hanura.
"Tujuan kita sama, partai Hanura harus menang," tegasnya.
Sebelum melakukan konsolidasi dengan kader partai Hanura di Sekretariat DPC Hanura Makassar, Hary hadir sebagai pembicara dalam seminar di Universitas Hasanuddin. Kemudian mengikuti bakti sosial yang dilakukan ormas Perindo di Makassar.
Di depan para ketua dewan pimpinan cabang (DPC) partai Hanura Sulawesi Selatan, pemilik MNC Grup ini mengaku akan mengerahkan modal yang dia miliki.
"Saya punya media, MNC, RCTI, Global TV, jalan tol dan tambang batu bara. Untuk bekerja lebih masif, akan melibatkan instrumen yang ada pada saya baik itu perusahaan maupun kekuatan dari diri saya sendiri," kata Hary di Makassar, Selasa (19/3).
Menurut dia, militansinya saat ini tak berbeda dengan dengan saat dia di Partai Nasdem. Bahkan dia mengakui di Hanura ia lebih militan dibanding dulu. Semua itu ia lakukan untuk memenangkan partai Hanura.
"Tujuan kita sama, partai Hanura harus menang," tegasnya.
Sebelum melakukan konsolidasi dengan kader partai Hanura di Sekretariat DPC Hanura Makassar, Hary hadir sebagai pembicara dalam seminar di Universitas Hasanuddin. Kemudian mengikuti bakti sosial yang dilakukan ormas Perindo di Makassar.
Analisis Kohesi dan Koherensi Wacana
Kohesi Reiterasi (pengulangan)
Reiterasi merupakan cara untuk
menciptakan hubungan yang kohesif.
Repetisi Ulangan
Repetisi atau ulangan
merupakan salah satu cara untuk mempertahankan hubungan kohesif antarkaliamat.
Macam-macam ulangan atau repetisi berdasarkan data pemakaian bahasa Indonesia dalam artikel di atas seperti berikut.
·
Partai
Hanura
·
Hary
·
Saya punya
media, MNC, RCTI, Global TV, jalan tol dan tambang batu bara
·
MERDEKA.COM
·
Ketua Dewan
·
Di Sulawesi
Kohesi Substitusi (penggantian)
Penggantian adalah penyulihan
suatu unsur wacana dengan unsur yang lain yang acuannya tetap sama, dalam
hubungan antarbentuk kata, atau bentuk lain yang lebih besar daripada kata,
seperti frasa atau klausa (Halliday dan Hassan, 1979: 88; Quirk, 1985: 863).
Secara umum, penggantian itu
dapat berupa kata ganti orang, kata ganti tempat, dan kata ganti sesuatu hal.
1. Kata ganti orang merupakan
kata yang dapat menggantikan nama orang atau beberapa orang.
Contoh: Semua itu ia lakukan untuk memenangkan partai Hanura.
Kohesi Referensi endofora adalah pengacuan satuan satuan lingual yang terdapat di dalam teks wacana.
Referensi
anafora yaitu satuan lingual yang disebut lebih dahulu atau ada pada kalimat
yang lebih dahulu, mengacu pada kalimat awal atau yang sebelah kiri.
Contoh: Menurut dia, militansinya saat ini tak berbeda dengan dengan saat dia di Partai Nasdem.
Kata Dia pada kalimat
(b) mengacu pada kata Harry.
Pola penunjukkan inilah yang
menyebabkan kedua kalimat tersebut berkaitan secara padu dan saling
berhubungan.
Kohesi Referensi katafora yaitu satuan lingual yang disebutkan setelahnya, mengacu pada kalimat yang
sebelah kanan.
"Tujuan kita sama, partai Hanura
harus menang," tegasnya.
. Kohesi Piranti
Tambahan (Aditif)
Piranti Tambahan berguna untuk
menghubungkan bagian yang bersifat menambahkan informasi dan pada umumnya
digunakan untuk merangkaikan dua proposisi atau lebih. Piranti konjungsi
tambahan antara lain: pula, juga, selanjutnya, dan, di samping itu, tambahan
lagi, dan selain itu.
Contoh: jalan tol dan tambang batu bara.
Kohesi Piranti Misalan atau Contohan
Kohesi Piranti Misalan atau Contohan
Contohan atau misalan itu
berfungsi untuk memperjelas suatu uraian, khususnya uraian yang bersifat
abstrak. Biasanya, kata yang digunakan adalah contohnya, misalnya, umpanya,
dsb.
Contoh:
Kata ganti orang pertama
tunggal. Contohnya hamba, saya, beta, aku, daku, dan sebagainya.
"Saya punya media, MNC, RCTI, Global TV,
jalan tol dan tambang batu bara. Untuk bekerja lebih masif, akan melibatkan
instrumen yang ada pada saya baik
itu perusahaan maupun kekuatan dari diri saya
sendiri," kata Hary di Makassar,
Selasa (19/3).
Koherensi artikel di atas ialah memberikan
makna kalau Harry mempunyai aset yang banyak di bidang media massa dan
perusahaan ternama yang mempengaruhi masyarakat Indonesia untuk memilih Presiden. Kekuasaan yang dimiliki Harry
sekarang ini dimanfaatkanya untuk memikat hati masyarakat Indonesia, berusaha
semaksimal mungkin untuk memenangkan Partai Hanura pada Pemilu 2014.
-----------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------
Pengiklan Radar Banjarmasin
menggunakan teknik keras sebagai penutup iklan tersebut. Hal tersebut terdapat
pada ungkapan ‘Segera berlangganan radar
banjarmasin’.
-----------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------
KUSNIATI ANDRIANI
NIM A1B110215
PBS/PBSI
Wacana Iklan Radar Banjarmasin
Bolen (1984) menilai struktur wacana iklan dari segi
proposisinya. Menurutnya, wacana iklan mempunyai tiga unsur pembentuk struktur
wacana, yaitu (1) Butir utama (Headline), (2) badan (Body), (3) Penutup (close)
yang dalam struktur wacana iklan tersebut dikaitkan dengan permasalahan
tahap-tahap untuk mencapai suatu tujuan.
Iklan Radar Banjarmasin di Radio
Radar Banjarmasin harian pagi grub jawa post koran nomor
satu tahun 2011 tersebar luas diseluruh Kalimantan Selatan.Terbit 24 halaman
dengan tiga sesi Radar Banjarmasin, Radar benua, radar sports memenuhi
kebutuhan informasi hiburan dan menjadi sarana edukasi keluarga Anda tampil
berwarna dengan liputan beragam setiap hari. Senin radar berita, selasa radar
otomotif, rabu radar kampus, kamir radar muda, jumat radar religi, sabtu radar
family, minggu radar ponsel, radar female untuk memburu, radar foto. Segera berlangganan
radar banjarmasin. Radar banjarmasin menyediakan hadiah umroh bagi pelanggan
yang beruntung bersama trevelindo. Hubungi 085117612309 atau 08164560862. Radar
banjaramasin jawa post grub merupakan sarana efektif untuk promosi pastikan
pilihan Anda hanya radar banjarmasin jangan salah pilih. Hubungi untuk iklan
08511752800 atau 08513300353 radar banjarmasin pelopor inovasi selalu lebih
maju.
1. Butir
Utama Iklan
Butir utama iklan merupakan tujuan pertama dalam wacana iklan
adalah untuk menarik perhatian. Untuk itu, diperlukan pesan-pesan iklan yang
menarik dan penting sehingga dapat menarik perhatian daripada calon konsumen.
Contoh iklan.
Radar
Banjarmasin harian pagi grub jawa post koran
nomor satu tahun 2011 tersebar luas diseluruh Kalimantan Selatan.
Dalam Iklan Radar Banjarmasin ini langsung mengenai objek
sasaran agar masyarakat langsung mengerti apa sasaran iklan tersebut. Ungkapan
yang dicetak tebal ini merupakan bagian dari butir utama iklan yang berupa
proposisi yang memberi komando kepada calon konsumen. Permulaan iklan radar
banjarmasin tersebut terdapat ungkapan koran
nomor satu yang dapat dikategorikan sebagai proposisi yang
membangkitkan rasa ingin memiliki para calon konsumen. Kata koran nomor satu tersebut
cukup untuk membuat calon konsumen langsung mengenai objek sasaran agar
masyarakat langsung berlangganan koran radar banjarmasin. Kata tersebut memberi
gambaran koran yang paling bagus antara koran yang lain.
2 Badan
Iklan
Tujuan kedua dari
sebuah iklan ialah untuk menarik minat dan kesadaran calon konsumen, hal
tersebut terdapat pada badan iklan. Dengan berdasar pada motif calon konsumen
dalam membeli sesuatu, pada badan iklan hendaknya mengandung alasan objektif
(rasional) dan subjektif (emosional). Alasan Objektif berupa informasi yang
dapat diterima oleh nalar sedangkan alasan subjektif berupa hal-hal yang
membawa emosi calon konsumen.
Terbit
24 halaman dengan tiga sesi Radar Banjarmasin, Radar benua, radar sports memenuhi kebutuhan informasi hiburan
dan menjadi sarana edukasi keluarga Anda tampil berwarna dengan liputan beragam
setiap hari. Senin radar berita, selasa radar otomotif, rabu radar kampus,
kamir radar muda, jumat radar religi, sabtu radar family, minggu radar ponsel,
radar female untuk memburu, radar foto. Radar banjarmasin menyediakan hadiah
umroh bagi pelanggan yang beruntung bersama trevelindo.
Seperti contoh yang digambarkan di atas, kata memenuhi kebutuhan menunjukkan
suatu gambaran kepada para calon konsumen. Kata tersebut memberikan suatu alternatif
supaya para calon konsumen membeli koran Radar Banjarmasin untuk menarik minat
dan kesadaran calon konsumen. Motif objektif pada iklan di atas pada kata “memenuhi kebutuhan informasi hiburan dan
menjadi sarana edukasi keluarga Anda”. Motif subjektifnya pada kata “Radar banjarmasin menyediakan hadiah umroh
bagi pelanggan yang beruntung bersama trevelindo”.
3.
Penutup
Bagian
penutup suatu wacana iklan dapat juga berisi informasi-informasi lain yang
berhubungan dengan topik yang diiklankan. Informasi tersebut dapat berupa nomor
telepon, cap dagang dan tempat pelayanan. Informasi tersebut pada hakikatnya
merupakan informasi tambahan yang penting dan apabila dihilangkan dapat
menimbulkan suatu masalah.
Tujuan ketiga dalam wacana iklan ini adalah mengubah tindakan
tertentu pada diri konsumen. Apabila perhatian diperoleh, minat dapat
dibangkitkan dan kesadaran telah mencapai puncak yang berarti komunikasi telah
tercapai dalam wacana iklan tersebut. Pendekatan penjualan yang dapat digunakan
untuk mengakhiri badan iklan adalah dengan teknik keras dan teknik lemah.
Segera
berlangganan radar banjarmasin. Radar banjarmasin menyediakan hadiah umroh bagi
pelanggan yang beruntung bersama trevelindo. Hubungi 085117612309 atau
08164560862. Radar banjaramasin jawa post grub merupakan sarana efektif untuk
promosi pastikan pilihan Anda hanya radar banjarmasin jangan salah pilih. Hubungi
untuk iklan 08511752800 atau 08513300353 radar banjarmasin pelopor inovasi
selalu lebih maju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar