Selasa, 26 Maret 2013

INFERENSI DARI IKLAN CONDITIONER PANTENE



                                           IKLAN CONDITIONER PANTENE 

“Aku thu udah coba macam-macam shampoo, tapi waktu sore-sore kasar-kasar kusut gitu dan gampang rontok. Hmmm kayanya ngga cukup shampoo aja. Jadi aku coba pantene conditioner”.

Pantene dengan provitamin formula bantu putuskan siklus rambut kering dan kasar dalam empat hari.

“setelah pakai conditioner rambut aku terasa halus banget dan ngga gampang rontok, ini rahasia aku”.

Pantene conditioner   

Inferensi
Inferensi atau penarikan simpulan dikatakan oleh Gumperz (1982) sebagai proses interpretasi yang ditentukan oleh situai dan konteks percakapan. Dengan inferensi pendengar menduga kemauan penutur dan dengan itu pula, pendengar meresponya.

 Pada tuturan diatas inferennya pada kalimat “Jadi aku coba pantene conditioner”. Pada tuturan kedua inferennya pada kalimat “setelah pakai conditioner rambut aku terasa halus banget dan ngga gampang rontok, ini rahasia aku”. Tuturan dari iklan menyimpulkan setelah pakai conditioner pantene rambutnya jadi halus dan tidak gampang rontok.     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar