KUSNIATI ANDRIANI
NIM A1B110215
PBS/PBSI
Wacana Iklan Radar Banjarmasin
Bolen (1984) menilai struktur wacana iklan dari segi
proposisinya. Menurutnya, wacana iklan mempunyai tiga unsur pembentuk struktur
wacana, yaitu (1) Butir utama (Headline), (2) badan (Body), (3) Penutup (close)
yang dalam struktur wacana iklan tersebut dikaitkan dengan permasalahan
tahap-tahap untuk mencapai suatu tujuan.
Iklan Radar Banjarmasin di Radio
Radar Banjarmasin harian pagi grub jawa post koran nomor
satu tahun 2011 tersebar luas diseluruh Kalimantan Selatan.Terbit 24 halaman
dengan tiga sesi Radar Banjarmasin, Radar benua, radar sports memenuhi
kebutuhan informasi hiburan dan menjadi sarana edukasi keluarga Anda tampil
berwarna dengan liputan beragam setiap hari. Senin radar berita, selasa radar
otomotif, rabu radar kampus, kamir radar muda, jumat radar religi, sabtu radar
family, minggu radar ponsel, radar female untuk memburu, radar foto. Segera berlangganan
radar banjarmasin. Radar banjarmasin menyediakan hadiah umroh bagi pelanggan
yang beruntung bersama trevelindo. Hubungi 085117612309 atau 08164560862. Radar
banjaramasin jawa post grub merupakan sarana efektif untuk promosi pastikan
pilihan Anda hanya radar banjarmasin jangan salah pilih. Hubungi untuk iklan
08511752800 atau 08513300353 radar banjarmasin pelopor inovasi selalu lebih
maju.
1. Butir
Utama Iklan
Butir utama iklan merupakan tujuan pertama dalam wacana iklan
adalah untuk menarik perhatian. Untuk itu, diperlukan pesan-pesan iklan yang
menarik dan penting sehingga dapat menarik perhatian daripada calon konsumen.
Contoh iklan.
Radar
Banjarmasin harian pagi grub jawa post koran
nomor satu tahun 2011 tersebar luas diseluruh Kalimantan Selatan.
Dalam Iklan Radar Banjarmasin ini langsung mengenai objek
sasaran agar masyarakat langsung mengerti apa sasaran iklan tersebut. Ungkapan
yang dicetak tebal ini merupakan bagian dari butir utama iklan yang berupa
proposisi yang memberi komando kepada calon konsumen. Permulaan iklan radar
banjarmasin tersebut terdapat ungkapan koran
nomor satu yang dapat dikategorikan sebagai proposisi yang
membangkitkan rasa ingin memiliki para calon konsumen. Kata koran nomor satu tersebut
cukup untuk membuat calon konsumen langsung mengenai objek sasaran agar
masyarakat langsung berlangganan koran radar banjarmasin. Kata tersebut memberi
gambaran koran yang paling bagus antara koran yang lain.
2 Badan
Iklan
Tujuan kedua dari
sebuah iklan ialah untuk menarik minat dan kesadaran calon konsumen, hal
tersebut terdapat pada badan iklan. Dengan berdasar pada motif calon konsumen
dalam membeli sesuatu, pada badan iklan hendaknya mengandung alasan objektif
(rasional) dan subjektif (emosional). Alasan Objektif berupa informasi yang
dapat diterima oleh nalar sedangkan alasan subjektif berupa hal-hal yang
membawa emosi calon konsumen.
Terbit
24 halaman dengan tiga sesi Radar Banjarmasin, Radar benua, radar sports memenuhi kebutuhan informasi hiburan
dan menjadi sarana edukasi keluarga Anda tampil berwarna dengan liputan beragam
setiap hari. Senin radar berita, selasa radar otomotif, rabu radar kampus,
kamir radar muda, jumat radar religi, sabtu radar family, minggu radar ponsel,
radar female untuk memburu, radar foto. Radar banjarmasin menyediakan hadiah
umroh bagi pelanggan yang beruntung bersama trevelindo.
Seperti contoh yang digambarkan di atas, kata memenuhi kebutuhan menunjukkan
suatu gambaran kepada para calon konsumen. Kata tersebut memberikan suatu alternatif
supaya para calon konsumen membeli koran Radar Banjarmasin untuk menarik minat
dan kesadaran calon konsumen. Motif objektif pada iklan di atas pada kata “memenuhi kebutuhan informasi hiburan dan
menjadi sarana edukasi keluarga Anda”. Motif subjektifnya pada kata “Radar banjarmasin menyediakan hadiah umroh
bagi pelanggan yang beruntung bersama trevelindo”.
3.
Penutup
Bagian
penutup suatu wacana iklan dapat juga berisi informasi-informasi lain yang
berhubungan dengan topik yang diiklankan. Informasi tersebut dapat berupa nomor
telepon, cap dagang dan tempat pelayanan. Informasi tersebut pada hakikatnya
merupakan informasi tambahan yang penting dan apabila dihilangkan dapat
menimbulkan suatu masalah.
Tujuan ketiga dalam wacana iklan ini adalah mengubah tindakan
tertentu pada diri konsumen. Apabila perhatian diperoleh, minat dapat
dibangkitkan dan kesadaran telah mencapai puncak yang berarti komunikasi telah
tercapai dalam wacana iklan tersebut. Pendekatan penjualan yang dapat digunakan
untuk mengakhiri badan iklan adalah dengan teknik keras dan teknik lemah.
Segera
berlangganan radar banjarmasin. Radar banjarmasin menyediakan hadiah umroh bagi
pelanggan yang beruntung bersama trevelindo. Hubungi 085117612309 atau
08164560862. Radar banjaramasin jawa post grub merupakan sarana efektif untuk
promosi pastikan pilihan Anda hanya radar banjarmasin jangan salah pilih. Hubungi
untuk iklan 08511752800 atau 08513300353 radar banjarmasin pelopor inovasi
selalu lebih maju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar