Selasa, 12 Maret 2013

Wacana Iklan Radar Banjarmasin



KUSNIATI ANDRIANI
NIM A1B110215
PBS/PBSI
Wacana Iklan Radar Banjarmasin

Bolen (1984) menilai struktur wacana iklan dari segi proposisinya. Menurutnya, wacana iklan mempunyai tiga unsur pembentuk struktur wacana, yaitu (1) Butir utama (Headline), (2) badan (Body), (3) Penutup (close) yang dalam struktur wacana iklan tersebut dikaitkan dengan permasalahan tahap-tahap untuk mencapai suatu tujuan.

Iklan Radar Banjarmasin di Radio
Radar Banjarmasin harian pagi grub jawa post koran nomor satu tahun 2011 tersebar luas diseluruh Kalimantan Selatan.Terbit 24 halaman dengan tiga sesi Radar Banjarmasin, Radar benua, radar sports memenuhi kebutuhan informasi hiburan dan menjadi sarana edukasi keluarga Anda tampil berwarna dengan liputan beragam setiap hari. Senin radar berita, selasa radar otomotif, rabu radar kampus, kamir radar muda, jumat radar religi, sabtu radar family, minggu radar ponsel, radar female untuk memburu, radar foto. Segera berlangganan radar banjarmasin. Radar banjarmasin menyediakan hadiah umroh bagi pelanggan yang beruntung bersama trevelindo. Hubungi 085117612309 atau 08164560862. Radar banjaramasin jawa post grub merupakan sarana efektif untuk promosi pastikan pilihan Anda hanya radar banjarmasin jangan salah pilih. Hubungi untuk iklan 08511752800 atau 08513300353 radar banjarmasin pelopor inovasi selalu lebih maju.  

1. Butir Utama Iklan
Butir utama iklan merupakan tujuan pertama dalam wacana iklan adalah untuk menarik perhatian. Untuk itu, diperlukan pesan-pesan iklan yang menarik dan penting sehingga dapat menarik perhatian daripada calon konsumen. 

Contoh iklan.
Radar Banjarmasin harian pagi grub jawa post koran nomor satu tahun 2011 tersebar luas diseluruh Kalimantan Selatan.
 
Dalam Iklan Radar Banjarmasin ini langsung mengenai objek sasaran agar masyarakat langsung mengerti apa sasaran iklan tersebut. Ungkapan yang dicetak tebal ini merupakan bagian dari butir utama iklan yang berupa proposisi yang memberi komando kepada calon konsumen. Permulaan iklan radar banjarmasin tersebut terdapat ungkapan koran nomor satu yang dapat dikategorikan sebagai proposisi yang membangkitkan rasa ingin memiliki para calon konsumen. Kata koran nomor satu tersebut cukup untuk membuat calon konsumen langsung mengenai objek sasaran agar masyarakat langsung berlangganan koran radar banjarmasin. Kata tersebut memberi gambaran koran yang paling bagus antara koran yang lain.

2 Badan Iklan
Tujuan kedua dari sebuah iklan ialah untuk menarik minat dan kesadaran calon konsumen, hal tersebut terdapat pada badan iklan. Dengan berdasar pada motif calon konsumen dalam membeli sesuatu, pada badan iklan hendaknya mengandung alasan objektif (rasional) dan subjektif (emosional). Alasan Objektif berupa informasi yang dapat diterima oleh nalar sedangkan alasan subjektif berupa hal-hal yang membawa emosi calon konsumen.

Terbit 24 halaman dengan tiga sesi Radar Banjarmasin, Radar benua, radar sports memenuhi kebutuhan informasi hiburan dan menjadi sarana edukasi keluarga Anda tampil berwarna dengan liputan beragam setiap hari. Senin radar berita, selasa radar otomotif, rabu radar kampus, kamir radar muda, jumat radar religi, sabtu radar family, minggu radar ponsel, radar female untuk memburu, radar foto. Radar banjarmasin menyediakan hadiah umroh bagi pelanggan yang beruntung bersama trevelindo. 

Seperti contoh yang digambarkan di atas, kata memenuhi kebutuhan menunjukkan suatu gambaran kepada para calon konsumen. Kata tersebut memberikan suatu alternatif supaya para calon konsumen membeli koran Radar Banjarmasin untuk menarik minat dan kesadaran calon konsumen. Motif objektif pada iklan di atas pada kata “memenuhi kebutuhan informasi hiburan dan menjadi sarana edukasi keluarga Anda”. Motif subjektifnya pada kata “Radar banjarmasin menyediakan hadiah umroh bagi pelanggan yang beruntung bersama trevelindo”.

3. Penutup
Bagian penutup suatu wacana iklan dapat juga berisi informasi-informasi lain yang berhubungan dengan topik yang diiklankan. Informasi tersebut dapat berupa nomor telepon, cap dagang dan tempat pelayanan. Informasi tersebut pada hakikatnya merupakan informasi tambahan yang penting dan apabila dihilangkan dapat menimbulkan suatu masalah.
Tujuan ketiga dalam wacana iklan ini adalah mengubah tindakan tertentu pada diri konsumen. Apabila perhatian diperoleh, minat dapat dibangkitkan dan kesadaran telah mencapai puncak yang berarti komunikasi telah tercapai dalam wacana iklan tersebut. Pendekatan penjualan yang dapat digunakan untuk mengakhiri badan iklan adalah dengan teknik keras dan teknik lemah. 

Segera berlangganan radar banjarmasin. Radar banjarmasin menyediakan hadiah umroh bagi pelanggan yang beruntung bersama trevelindo. Hubungi 085117612309 atau 08164560862. Radar banjaramasin jawa post grub merupakan sarana efektif untuk promosi pastikan pilihan Anda hanya radar banjarmasin jangan salah pilih. Hubungi untuk iklan 08511752800 atau 08513300353 radar banjarmasin pelopor inovasi selalu lebih maju. 

Pengiklan Radar Banjarmasin menggunakan teknik keras sebagai penutup iklan tersebut. Hal tersebut terdapat pada ungkapan ‘Segera berlangganan radar banjarmasin’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar